Asep Mukhlis M Abdulmanan
On 28 Nov 2012
COMPANY
PROFILE
Judul : PT
Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
2. Menceritakan Naskah Dubbing ( Sejarah Perusahaan )
3. Visi dan Misi Perusahaan
4. Lambang/Moto Perusahaan
5. Interview Perusahaan
6. Hasil Produksi Perusahaan
7. Pendapatan Per Tahun dan Kendala-kendala yang dihadapi
1. Latar Belakang Perusahaan
PT Indofood
CBP Sukses Makmur Tbk. (dahulu PT. Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Gizindo
Primanusantara, PT Indosentra Pelangi,PT Indobiskuit Mandiri Makmur, dan PT
Ciptakemas Abadi) (IDX: ICBP) merupakan produsen berbagai jenis makanan dan
minuman yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada
tahun 1990 oleh Sudono Salim dengan nama Panganjaya Intikusuma yang pada tahun
1994 menjadi Indofood. Perusahaan ini mengekspor bahan makanannya hingga
Australia, Asia, dan Eropa. Perusahaan ini didirikan atas ide pemilik karena
melihat belum adanya saingan dalam produksi bahan pangan seperti perusahaan ini.
2. Naskah Dubbing
PT Indofood Sukses Makmur Tbk
(Indofood) adalah sebuah perusahaan besar yang bergerak di bidang produksi
bahan makanan yang kini telah bertransformasi menjadi sebuah perusahaan Total
Food Solutions dengan kegiatan operasional yang mencakup seluruh tahapan proses
produksi makanan, mulai dari produksi dan pengolahan bahan baku hingga menjadi
produk akhir yang tersedia di rak para pedagang eceran. Sejarah dan perkembangan perusahaan ini yaitu :
1990 : Dimasukkan sebagai PT Panganjaya Intikusuma.
1994 : Perubahan nama menjadi PT Indofood Sukses
Makmur. Penawaran Umum Perdana 763 juta
saham dengan nilai Rp1, 000 nominal per saham,
listing di Bursa Efek Indonesia.
1995 : Mendirikan pabrik tepung Bogasari.
1996 : Melakukan stock split 1:2.
1997 : Mengakuisisi 80% kepemilikan saham di
perusahaan perkebunan, agribisnis dan distribusi. Melakukan masalah hak 01:05
dengan tambahan 305.200.000 saham.
2000 : Melakukan stock split 1:5. Ditempatkan Rp1
triliun Obligasi Seri I.
2001 : Memperoleh persetujuan untuk skema pembelian
kembali saham dan peluncuran Rencana Kepemilikan Saham Karyawan (ESOP).
2002 : Diimplementasikan tahap pertama ESOP,
melibatkan 228.900.000 saham. Membeli kembali 915.600.000 saham. Menerbitkan US
$ 280 juta Eurobonds.
2003 : Diimplementasikan tahap kedua ESOP, melibatkan
58,4 juta saham. Mengeluarkan Rp 1,5 triliun Obligasi Seri II.
2004 : Diimplementasikan
ESOP tahap III, melibatkan 919.500 saham. Ditempatkan Rp1 triliun Obligasi Seri
III. Mengakuisisi 60% saham perusahaan karton bergelombang.
2005 : Mendirikan perusahaan patungan dengan Nestlé.mMengakuisisi
perusahaan perkebunan di Kalimantan Barat.Acquired Obligasi Konversi yang
diterbitkan oleh perusahaan perkapalan, setara dengan 90,9% dari ekuitas.
2006 : Awal pelunasan Eurobonds sebesar US $
143.700.000. Mengakuisisi 55,0% saham di perusahaan pelayaran Pacsari Pte. Ltd Acquired
perusahaan perkebunan tambahan di Kalimantan Barat.
2007 : Tercantum Grup Agribisnis di Bursa Efek
Singapura dan penempatan saham baru. Ditempatkan Rp2 triliun Obligasi Seri IV. Mengakuisisi
35% saham tambahan di perusahaan pelayaran Pacsari Pte. Ltd, meningkatkan
kepemilikan sampai 90%. Mengakuisisi 60% saham di perusahaan perkebunan Rascal
Holding Limited. Berpartisipasi dalam penerbitan baru PT Mitra Inti Sejati
Plantation saham, mengendalikan kepemilikan 70%. Mengakuisisi saham ekuitas
64.41% di PT PP London Sumatra Indonesia Tbk.
2008 : Berpartisipasi dalam penerbitan baru PT
Lajuperdana saham Indah, mengendalikan kepemilikan 60%. Diterbitkan kembali
251.837.500 lembar treasury stock dan membatalkan sisa saham 663.762.500 saham
treasury. Mengakuisisi 100% saham Drayton Pte di. Ltd, yang secara efektif
memiliki 68,57% saham di PT Indolakto, perusahaan susu terkemuka. Mengakuisisi
100% saham perusahaan perkebunan dengan fasilitas bulking.
2009 : Mengeluarkan Rp 1,6 triliun Obligasi Seri
V.Grup Agribisnis menerbitkan Rp452 miliar Obligasi Seri I dan Rp 278 miliar Islam
Obligasi I. Dimulainya restrukturisasi internal CBP kelompok dengan pendirian
PT Indofood CBP Sukses Makmur (ICBP) dan spin-off bisnis bahan mie dan makanan
diikuti oleh penggabungan dari semua sepenuhnya dimiliki anak perusahaan dalam
Produk Konsumen Bermerek (CBP) Group dibawah ICBP.
2010 : Menyelesaikan restrukturisasi internal Grup CBP
dengan pengalihan saham anak perusahaan dalam Grup CBP dengan kepemilikan
kurang dari 100% ke ICBP, dan kemudian melakukan Penawaran Umum Perdana diikuti
dengan pencatatan saham ICBP di Bursa Efek Indonesia pada tanggal 7 Oktober
2010. Meningkatkan kepemilikan di Pacsari Pte. Ltd sebesar 10% menjadi pemilik
100%.
2011 : SIMP, anak perusahaan langsung dan tidak
langsung Perseroan, melakukan IPO diikuti dengan pencatatan sahamnya di BEI
pada 9 Juni 2011.
3. Visi dan Misi Perusahaan
Visi
·
Menjadikan Perusahaan yang bergerak total di bidang
pangan
Misi
·
Untuk memberikan solusi yang berkelanjutan akan
kebutuhan pangan
·
Untuk terus meningkatkan taraf gizi hidup masyarakat
·
Untuk berkontribusi dalam kesejahteraan masyarakat dan
lingkungan secara berkelanjutan
·
Untuk terus meningkatkan nilai pemangku kepentingan
4. Lambang/Moto Perusahaan
Lambang Perusahaan indofood yang memiliki tujuan memberikan produk yang
unggul dan memiliki nilai gizi tinggi
5. Interview Perusahaan
1. Dimana saja
perusahaan anda melakukan pemasaran hasil produksi?
·
Kami memasarkan Hasil Produksi ke seluruh indonesia
melalui agent-agent lalu disebarluaskan ke supermarket,pasar tradisional,dan
warung-warung kecil. Bahkan,kami mengekspor mengekspor bahan makanan hingga Australia, Asia, dan
Eropa.
2. Apa yang
menjadi keunggulan produk perusahaan anda?
·
Keunggulan Produk kami terletak di kuantitas dan
kualitasnya, kami memiliki 41 produk bahan makanan dan perusahaan kami
merupakan perusahaan penghasil mie instan terbesar se-indonesia.
3. Apa strategi pemasaran untuk mempertahankan eksistensi perusahaan anda?
·
Dengan cara mempertahankan kualitas dan cita rasa
makanan, menstabilkan harga di pasaran, dan promosi yang berkelanjutan .
4. Bagaimana kegiatan operasional di perusahaan anda?
·
kegiatan operasional mencakup seluruh
tahapan proses produksi makanan, mulai dari produksi dan pengolahan bahan baku
hingga menjadi produk akhir yang tersedia di rak para pedagang eceran.
5. Apakah kendala yang dihadapi saat ini oleh perusahaan anda?
·
Kendala yang dihadapi saat ini adalah terbatasnya
akses transportasi ke daerah timur indonesia, saingan bertambah banyak, bea
cukai ekspor ke luar negeri yang mahal.
6. Hasil Produksi Perusahaan
Hasil Produksi
meliputi :
· Mie instan : Indomie,
Pop Mie, Sarimi, Supermi, Mie Telur Cap 3 Ayam, Pop Bihun, La Fonte
> Makanan Ringan : Cheetos, Chiki,
Jet-Z, Lays Potato Chips, Chitato Potato Chips, Qtela Cassava Chips, Indomilk, Indoeskrim, Nice Yogurt,
Trenz, Bim-Bim, Canasta, Maggi, Quaker Oats, Fruitamin, Tekiita
Perlengkapan memasak : Cap
Enaak, TigaSapi, KremerCrima, Kecap Indofood, Sambal Indofood, Bumbu Kaldu
Indofood, Bumbu Instan Indofood, Bumbu Racik Indofood, Bimoli, Simas Palmia,
Happy Salad Oil, Bogasari.
·
Makanan Bayi : Promina SUN