Asep Mukhlis M Abdulmanan
On 11 Mar 2015
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Kemajuan teknologi yang pesat pada saat ini
menimbulkan berbagai macam kegiatan yang dapat dilakukan. Dari kecanggihan
tersebut, misalnya kita dapat menyimpan dan mengunggah file baik yang berukuran
kecil maupun besar sekaligus di drive clouds atau yang lebih dikenal dengan
penyimpanan online. Fitur penyimpanan di ‘udara’ seperti ini
memang bukanlah yang perdana. Beberapa layanan penyimpanan online lain yang tak
kalah menariknya juga sudah lama tersedia, seperti DropBox (Google), Box.Net,
Live Mesh (Microsoft) dan SkyDrive (Microsoft).
1.2 RUMUSAN
MASALAH
Sehubungan dengan uraian yang telah di jelaskan di
atas dapat dirumuskan bahwa permasalahannya adalah bagaimana cara membuat dan
memamakai penyimpanan online yang dalam kesempatan kali ini penyusun membahas
penyimpanan Google Drive lebih khususnya Google Docs.
1.3 TUJUAN
Tujuan
makalah ini adalah untuk memberikan informasi dan pelajaran bagaimana membuat
dan menyimpan dokumen atau file di google drive, dan bagaimana cara membuat
form atau formulir di google doc
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Pengertian Google Docs
Google
Docs merupakan salah satu aplikasi yang dikembangkan Google untuk kebutuhan
manajemen dokumen. Khususnya aplikasi office. Mulai dari pengolah
kata (word processor), pengolah lembar kerja (spreadsheet) dan
presentasi (presentation). Google Docs bukan hanya menyimpan saja, namun
juga bisa digunakan untuk untuk mengolah, menyimpan, membuat, meng-edit dokumen
perkantoran seperti layaknya Microsoft Office pada
Windows atau Open Office pada Linux dengan secara online.
Semuanya dalam satu paket dan tidak perlu menginstal di komputer. Karena sangat
tangguh dan dasyat maka sering disebut aplikasi
pembunuh Microsoft Office,
Open Office, dan Neo Office.
2.2
Sejarah Google Docs
Awal
mulanya,Google Docs berasal dari dua produk
terpisah,Writely dan Google Spreadsheets. Writely adalah web
berbasis pengolah kata yang dibikin oleh perusahaan software Upstartle dan
diluncurkan pada Agustus 2005.Spreadsheet, diluncurkan sebagai Google Labs
Spreadsheets pada tanggal 6 Juni 2006, berasal dari akuisisi dari produk XL2Web
oleh 2Web Technologies . Fitur asli Writely termasuk kolaborasi
editing teks dan kontrol akses. Menu, shortcut keyboard, dan kotak dialog mirip
– mirip dan sesuai dengan harapan kita sama dengan pengolah kata desktop
seperti Microsoft Word atau OpenOffice.org Writer. Google Docs dapat digunakan
(melihat dan mengedit) dalam modus offline menggunakan Google Gears.
2.3
Fitur dan Fasilitas Google Docs
Mengedit
dan menyimpan file, Mengu-upload file, Mengatur hak akses, Bekerja secara
offline dokumen, Mendownload atau mengunduh file, Fasilitas see revision
history, Translate dokumen, Kelebihan Google Docs :
1
) Gratis
2
) Mudah penggunaannya
3
) Support dan dokumentasinya lengkap.
4
) Tragedi data hilang akibat kerusakan harddisk bisa dihindarkan.
5
) Menggunakan editor WYSIWYG (What You See Is What You Get) yang
sederhana untuk memformat dokumen, memeriksa ejaan, dan sebagainya.
6
) Akses pekerjaan kapan saja, di mana saja
Google
Documents diberdayakan dengan aman oleh web, memberikan Anda fleksibilitas
untuk tetap produktif di meja, di perjalanan, di rumah, dan di ponsel Anda,
bahkan ketika Anda sedang luring sekali pun.
7
) Bekerja di beragam sistem operasi
Google
Documents bekerja pada peramban di komputer PC, Mac, dan Linux, serta mendukung
format umum seperti .doc, .xls, .ppt, dan .pdf.
8
) Kontrol akses aman
Administrator
dapat mengelola izin berbagi berkas di seluruh sistem, dan pemilik dokumen
dapat berbagi dan mencabut akses berkas setiap saat.
9
) Kemudahan mengunggah dan berbagi berkas
Berkas
yang disimpan di Google Documents dapat selalu diakses baik untuk mengunggah
atau
berbagi.
Kekurangan Google Docs
:
Membutuhkan
koneksi internet
Harus
dikerjakan secara online terlebih dahulu.
Fasilitas Google Docs Dalam Word
Processor atau Pengolah Kata :
Membuat
dokumen Word, OpenOffice, RTF, HTML, atau teks.
Upload
dokumen yang sudah kita miliki.
Sharing
dengan orang lain (melalui alamat e-mail) untuk mengedit atau melihat
dokumen dan spreadsheet.
Meng-edit
dokumen online dengan siapa pun yang kita pilih.
Melihat
riwayat revisi dokumen dan spreadsheet
Mempublikasikan
dokumen secara online ke dunia, sebagai bagian situs atau mengirimkan dokumen
ke blog Anda.
Email
dokumen kita sebagai lampiran.
Setiap
dokumen dapat mencapai sebesar 500K, ditambah 2MB per gambar yang dimasukkan.
Setiap
pengguna memiliki batas kombinasi 5000 dokumen dan presentasi serta 5000
gambar.
Dalam
menggunakan spreadsheet atau pengolah angka :
Mengimpor
dan mengekspor data berformat .xls, .csv,
.txt dan .ods (dan mengekspor fungsionalitas
untuk .pdfdan html).
Menikmati
navigasi dan pengeditan intuitif, seperti dokumen atau spreadsheet tradisional.
Menggunakan
format dan formula.
Mengobrol
dengan orang lain yang sedang mengedit.
Memasukkan
spreadsheet, atau bagian dari spreadsheet, ke situs web kita.
Setiap
spreadsheet dapat mencapai hingga 10,000 baris, atau hingga 256 kolom, atau
hingga 100,000 sel, atau hingga 40 sheet — batas mana saja yang tercapai lebih
dulu.
Setiap
pengguna memiliki batas hingga 200 spreadsheet.
Batas
untuk spreadsheet terbuka pada saat bersamaan adalah 11.
Dapat
mengimpor spreadsheet hingga mencapai 1 MB dalam format xls,
csv, atau ods, txt, tsv, tsb.
Dalam
menggunakan Impress atau presentasi :
-
Mengimpor presentasi yang ada dalam
jenis file ppt dan pps.
-
Mengekspor presentasi menggunakan fitur
Simpan sebagai Zip dari menu File.
-
Mengedit presentasi kita menggunakan
editorWYSIWYG yang sederhana.
-
Menyisipkan gambar, dan memformat slide
sesuai keinginan.
-
Berbagi-pakai dan mengedit presentasi
bersama teman dan rekan kerja.
-
Mengizinkan melihat presentasi secara
realtime, dari lokasi jauh yang terpisah.
-
Mempublikasikan presentasi kita di web,
dan dapat di akses oleh orang lain.
-
Setiap presentasi dapat mencapai sebesar
500K, ditambah 2MB per gambar yang dimasukkan.
-
Kita dapat meng-upload presentasi dalam
format .ppt maupun .pps.
-
Setiap
pengguna memiliki batas kombinasi 5000 dokumen dan presentasi serta 5000
gambar.
2.4
Tutorial Membuat form di Google Docs
1. Langkah
pertama adalah membuka Gmail dengan akun yang sudah anda punya sebelumnya
2. Masukan
Alamat e-mail dan password yang dimiliki lalu sign in
3. Jika
sudah muncul tampilan awal Gmail, maka pilih “Drive” di kiri pojok atas
4. Lalu
pilih “Create” untuk membuat formulir, lalu pilih Form
5. Maka
akan muncul tampilan seperti ini, ganti untitled form dan untitled question
sesuai dengan nama dan format formulir yang akan anda buat. Untuk Nama dan
alamat gunakan “text” , untuk jenis kelamin gunakan “pilihan ganda” sedangkan
untuk tempat tanggal lahir gunakan “date”
6. Jika
semua format telah selesai dibuat maka langkah selanjutnya adalah menentukan
tema untuk tampilannya.
7. Jika
tampilan sudah dirubah, maka pilih option “send form” untuk mengirim formulir.
Akan muncul tampilan seperti ini, anda bias membagikannya di facebook, twitter,
dan google+. Copykan link google form tersebut untuk kemudian di akses oleh
kita.
BAB III
PENUTUP
3.1
KESIMPULAN
Pada dasarnya google
drive atau penyimpanan drive cloud lainnya diciptakan untuk memudahkan kita
dalam membuat dan menyimpan dokumen yang akan atau yang telah kita buat, google
drive ini sangat mudah untuk digunakan dan sangat efisien karena kita tidak
memerlukan disk untuk menyimpan hasil dokumennya melainkan hanya membutuhkan
koneksi internet untuk menyimpan dan menguploadnya.
nice information min
BalasHapusLampu servis kaca pembesar