Popular posts

Asep Mukhlis M Abdulmanan On 11 Mar 2015


BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG

Kemajuan teknologi yang pesat pada saat ini menimbulkan berbagai macam kegiatan yang dapat dilakukan. Dari kecanggihan tersebut, misalnya kita dapat menyimpan dan mengunggah file baik yang berukuran kecil maupun besar sekaligus di drive clouds atau yang lebih dikenal dengan penyimpanan online. Fitur penyimpanan di ‘udara’ seperti ini memang bukanlah yang perdana. Beberapa layanan penyimpanan online lain yang tak kalah menariknya juga sudah lama tersedia, seperti DropBox (Google), Box.Net, Live Mesh (Microsoft) dan SkyDrive (Microsoft).



1.2 RUMUSAN MASALAH

Sehubungan dengan uraian yang telah di jelaskan di atas dapat dirumuskan bahwa permasalahannya adalah bagaimana cara membuat dan memamakai penyimpanan online yang dalam kesempatan kali ini penyusun membahas penyimpanan Google Drive lebih khususnya Google Docs.

1.3 TUJUAN

Tujuan makalah ini adalah untuk memberikan informasi dan pelajaran bagaimana membuat dan menyimpan dokumen atau file di google drive, dan bagaimana cara membuat form atau formulir di google doc

BAB II
          PEMBAHASAN        
2.1 Pengertian Google Docs

Google Docs merupakan salah satu aplikasi yang dikembangkan Google untuk kebutuhan manajemen dokumen. Khususnya aplikasi office. Mulai dari pengolah kata (word processor), pengolah lembar kerja (spreadsheet) dan presentasi (presentation). Google Docs bukan hanya menyimpan saja, namun juga bisa digunakan untuk untuk mengolah, menyimpan, membuat, meng-edit dokumen perkantoran seperti layaknya Microsoft Office pada Windows atau Open Office pada Linux dengan secara online. Semuanya dalam satu paket dan tidak perlu menginstal di komputer. Karena sangat tangguh dan dasyat maka sering disebut aplikasi 
pembunuh Microsoft Office, Open Office, dan Neo Office. 

2.2 Sejarah Google Docs

Awal mulanya,Google Docs berasal dari dua produk terpisah,Writely dan Google Spreadsheets. Writely adalah web berbasis pengolah kata yang dibikin oleh perusahaan software Upstartle dan diluncurkan pada Agustus 2005.Spreadsheet, diluncurkan sebagai Google Labs Spreadsheets pada tanggal 6 Juni 2006, berasal dari akuisisi dari produk XL2Web oleh 2Web Technologies . Fitur asli Writely termasuk kolaborasi editing teks dan kontrol akses. Menu, shortcut keyboard, dan kotak dialog mirip – mirip dan sesuai dengan harapan kita sama dengan  pengolah kata desktop seperti Microsoft Word atau OpenOffice.org Writer. Google Docs dapat digunakan (melihat dan mengedit) dalam modus offline menggunakan Google Gears.

2.3 Fitur dan Fasilitas Google Docs

Mengedit dan menyimpan file, Mengu-upload file, Mengatur hak akses, Bekerja secara offline dokumen, Mendownload atau mengunduh file, Fasilitas see revision history, Translate dokumen, Kelebihan Google Docs :
1 ) Gratis
2 ) Mudah penggunaannya
3 ) Support dan dokumentasinya lengkap.
4 ) Tragedi data hilang akibat kerusakan harddisk bisa dihindarkan.
5 ) Menggunakan editor WYSIWYG (What You See Is What You Get) yang sederhana untuk memformat dokumen, memeriksa ejaan, dan sebagainya.
6 ) Akses pekerjaan kapan saja, di mana saja
Google Documents diberdayakan dengan aman oleh web, memberikan Anda fleksibilitas untuk tetap produktif di meja, di perjalanan, di rumah, dan di ponsel Anda, bahkan ketika Anda sedang luring sekali pun.
7 ) Bekerja di beragam sistem operasi
Google Documents bekerja pada peramban di komputer PC, Mac, dan Linux, serta mendukung format umum seperti .doc, .xls, .ppt, dan .pdf.
8 ) Kontrol akses aman
Administrator dapat mengelola izin berbagi berkas di seluruh sistem, dan pemilik dokumen dapat berbagi dan mencabut akses berkas setiap saat.
9 ) Kemudahan mengunggah dan berbagi berkas
Berkas yang disimpan di Google Documents dapat selalu diakses baik untuk mengunggah atau 
berbagi.

Kekurangan Google Docs :

Membutuhkan koneksi internet
Harus dikerjakan secara online terlebih dahulu.

Fasilitas Google Docs Dalam Word Processor atau Pengolah Kata :

Membuat dokumen Word, OpenOffice, RTF, HTML, atau teks.
Upload dokumen yang sudah kita miliki.
Sharing dengan orang lain (melalui alamat e-mail) untuk mengedit atau melihat  dokumen dan spreadsheet.
Meng-edit dokumen online dengan siapa pun yang kita pilih.
Melihat riwayat revisi dokumen dan spreadsheet
Mempublikasikan dokumen secara online ke dunia, sebagai bagian situs atau mengirimkan dokumen ke blog Anda.
 Email dokumen kita sebagai lampiran.
Setiap dokumen dapat mencapai sebesar 500K, ditambah 2MB per gambar yang dimasukkan.
Setiap pengguna memiliki batas kombinasi 5000 dokumen dan presentasi serta 5000 gambar.

 Dalam menggunakan spreadsheet atau pengolah angka :

Mengimpor dan mengekspor data berformat .xls, .csv, .txt dan .ods (dan mengekspor fungsionalitas untuk .pdfdan html).
Menikmati navigasi dan pengeditan intuitif, seperti dokumen atau spreadsheet tradisional.
Menggunakan format dan formula.
Mengobrol dengan orang lain yang sedang mengedit.
Memasukkan spreadsheet, atau bagian dari spreadsheet, ke situs web kita.
Setiap spreadsheet dapat mencapai hingga 10,000 baris, atau hingga 256 kolom, atau hingga 100,000 sel, atau hingga 40 sheet — batas mana saja yang tercapai lebih dulu.
Setiap pengguna memiliki batas hingga 200 spreadsheet.
Batas untuk spreadsheet terbuka pada saat bersamaan adalah 11.
Dapat mengimpor spreadsheet hingga mencapai 1 MB dalam format xls, csv, atau ods, txt, tsv, tsb.

Dalam menggunakan Impress atau presentasi :

-          Mengimpor presentasi yang ada dalam jenis file ppt dan pps.
-          Mengekspor presentasi menggunakan fitur Simpan sebagai Zip dari menu File.
-          Mengedit presentasi kita menggunakan editorWYSIWYG yang sederhana.
-          Menyisipkan gambar, dan memformat slide sesuai keinginan.
-          Berbagi-pakai dan mengedit presentasi bersama teman dan rekan kerja.
-          Mengizinkan melihat presentasi secara realtime, dari lokasi jauh yang terpisah.
-          Mempublikasikan presentasi kita di web, dan dapat di akses oleh orang lain.
-          Setiap presentasi dapat mencapai sebesar 500K, ditambah 2MB per gambar yang dimasukkan.
-          Kita dapat meng-upload presentasi dalam format .ppt maupun .pps.
-           Setiap pengguna memiliki batas kombinasi 5000 dokumen dan presentasi serta 5000 gambar.

2.4 Tutorial Membuat form di Google Docs

1.      Langkah pertama adalah membuka Gmail dengan akun yang sudah anda punya sebelumnya




2.      Masukan Alamat e-mail dan password yang dimiliki lalu sign in



3.      Jika sudah muncul tampilan awal Gmail, maka pilih “Drive” di kiri pojok atas




4.      Lalu pilih “Create” untuk membuat formulir, lalu pilih Form


  
5.      Maka akan muncul tampilan seperti ini, ganti untitled form dan untitled question sesuai dengan nama dan format formulir yang akan anda buat. Untuk Nama dan alamat gunakan “text” , untuk jenis kelamin gunakan “pilihan ganda” sedangkan untuk tempat tanggal lahir gunakan “date”








6.       Jika semua format telah selesai dibuat maka langkah selanjutnya adalah menentukan tema untuk tampilannya.


7.       Jika tampilan sudah dirubah, maka pilih option “send form” untuk mengirim formulir. Akan muncul tampilan seperti ini, anda bias membagikannya di facebook, twitter, dan google+. Copykan link google form tersebut untuk kemudian di akses oleh kita.






BAB III
                                                                        PENUTUP     
3.1 KESIMPULAN

Pada dasarnya google drive atau penyimpanan drive cloud lainnya diciptakan untuk memudahkan kita dalam membuat dan menyimpan dokumen yang akan atau yang telah kita buat, google drive ini sangat mudah untuk digunakan dan sangat efisien karena kita tidak memerlukan disk untuk menyimpan hasil dokumennya melainkan hanya membutuhkan koneksi internet untuk menyimpan dan menguploadnya.

{ 1 komentar... read them below or add one }