Popular posts

Asep Mukhlis M Abdulmanan On 10 Feb 2015


Naskah Pidato yaang kali ini saya bagikan adalah mengenai dampak buruk teknologi terhadap kesehatan, naskah pidato megenai tema ini masih jarang dipakai maka bisa dijadikan pilihan jika ada tugas atau keperluan lainnya, semoga bermanfaat :)

Assalamualaikum wr wb
Yang saya hormati Ibu Guru
Serta Teman – teman yang saya cintai

Marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat allah swt yang telah melimpahkan nikmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul bersama pada hari ini dalam keadaan sehat wal’afiat. Dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan pidato mengenai Efek penggunaan teknologi terhadap kesehatan.


Teknologi diciptakan untuk membantu pekerjaan manusia. ibaratkan dua sisi mata uang yang saling berikatan, teknologi sudah menjadi bagian hidup atau life style manusia modern yang tentu saja sudah menjadi sesuatu yang tidak akan bisa dipisahkan. Namun apa jadinya jika teknologi khusunya gadget malah memberikan efek buruk terhadap kesehatan? Tentu saja itu semua dapat terjadi jika kita salah memanfaatkannya dan tidak tepat dalam penggunaanya. Lalu, apa saja dampak yang ditimbulkan?

Pertama adalah Gangguan susah tidur yang diakibatkan oleh pengguna yang selalu mengisi waktu dengan bermain game, menonton tv dan menggunakan ponsel pintar sebelum tidur. Cahaya dari layar mampu menginvasi mata dan menyebabkan keinginan untuk tidak tidur. Kedua adalah Gangguan penglihatan yang diakibatkan oleh terlalu seringnya menatap layar komputer atau ponsel tentu saja jika dalam jangka waktu yang cukup lama akan menyebabkan mata kering karena jarang mengedip dan akibat buruknya akan menyebabkan rabun jauh atau dekat. Ketiga yaitu cedera regangan akibat mengetik yang  oleh terlalu sering menggunakan keyboard, penggunaan jari, pergelangan tangan, lengan, dan bahu secara berulang dapat menyebabkan kerusakan yang tidak mampu di perbaiki oleh tubuh. Karena itu, usahakan berhenti sejenak kala tubuh mulai terasa letih. Ke-empat, Gangguan pendengaran yang diakibatkan oleh penggunaan headphone/earphone atau sejenisnya yang berlebihan dan dengan volume yang sangat tinggi, ini sangat beresiko mengganggu pendengaran. Kemudian yang terakhir adalah sulit konsentrasi, kecanduan akan gadget terkadang bisa membuat seseorang mudah bosan, gelisah, dan amarah tak terkontrol, ketika terpisah dari gadgetnya. Hal ini tentu sangat tidak baik bagi perkembangan jiwa. Akibat terburuknya adalah seseorang mengalami kesulitan interaksi di dunia nyata. 

Kesimpulannya, Kemajuan teknologi saat ini yang sangat membantu manusia dalam mempermudah pekerjaan mempengaruhi perubahan pola hidup manusia itu sendiri. Pengaruh yang dapat langsung kita rasakan adalah perubahan gaya hidup manusia ke arah yang lebih baik ataupun ke arah yang lebih buruk sesuai bagaimana cara kita menyikapi perkembangan teknologi ini. Ada baiknya jika kita memanfaatkannya dengan penuh bijaksana tanpa mengabaikan hal penting lainnya. Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan mohon maaf apabila banyak kesalahan.

Wassalamualaikum wr wb.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments