Popular posts

Asep Mukhlis M Abdulmanan On 28 Nov 2012


COMPANY PROFILE

Judul : PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.  
Konsep : 1. Menceritakan Latar Belakang Perusahaan
              2. Menceritakan Naskah Dubbing ( Sejarah Perusahaan )
              3. Visi dan Misi Perusahaan
              4. Lambang/Moto Perusahaan
              5. Interview Perusahaan
              6. Hasil Produksi Perusahaan
              7. Pendapatan Per Tahun dan Kendala-kendala yang dihadapi



1. Latar Belakang Perusahaan
PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. (dahulu PT. Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Gizindo Primanusantara, PT Indosentra Pelangi,PT Indobiskuit Mandiri Makmur, dan PT Ciptakemas Abadi) (IDX: ICBP) merupakan produsen berbagai jenis makanan dan minuman yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1990 oleh Sudono Salim dengan nama Panganjaya Intikusuma yang pada tahun 1994 menjadi Indofood. Perusahaan ini mengekspor bahan makanannya hingga Australia, Asia, dan Eropa. Perusahaan ini didirikan atas ide pemilik karena melihat belum adanya saingan dalam produksi bahan pangan seperti perusahaan ini.
2. Naskah Dubbing
PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) adalah sebuah perusahaan besar yang bergerak di bidang produksi bahan makanan yang kini telah bertransformasi menjadi sebuah perusahaan Total Food Solutions dengan kegiatan operasional yang mencakup seluruh tahapan proses produksi makanan, mulai dari produksi dan pengolahan bahan baku hingga menjadi produk akhir yang tersedia di rak para pedagang eceran. Sejarah dan perkembangan perusahaan ini yaitu :
1990 : Dimasukkan sebagai PT Panganjaya Intikusuma.
1994 : Perubahan nama menjadi PT Indofood Sukses Makmur. Penawaran Umum Perdana 763 juta                                                                              saham dengan nilai Rp1, 000 nominal per saham, listing di Bursa Efek Indonesia.
1995 : Mendirikan pabrik tepung Bogasari.
1996 : Melakukan stock split 1:2.
1997 : Mengakuisisi 80% kepemilikan saham di perusahaan perkebunan, agribisnis dan distribusi. Melakukan masalah hak 01:05 dengan tambahan 305.200.000 saham.
2000 : Melakukan stock split 1:5. Ditempatkan Rp1 triliun Obligasi Seri I.
2001 : Memperoleh persetujuan untuk skema pembelian kembali saham dan peluncuran Rencana Kepemilikan Saham Karyawan (ESOP).
2002 : Diimplementasikan tahap pertama ESOP, melibatkan 228.900.000 saham. Membeli kembali 915.600.000 saham. Menerbitkan US $ 280 juta Eurobonds.
2003 : Diimplementasikan tahap kedua ESOP, melibatkan 58,4 juta saham. Mengeluarkan Rp 1,5 triliun Obligasi Seri II.
2004 :  Diimplementasikan ESOP tahap III, melibatkan 919.500 saham. Ditempatkan Rp1 triliun Obligasi Seri III. Mengakuisisi 60% saham perusahaan karton bergelombang.
2005 : Mendirikan perusahaan patungan dengan Nestlé.mMengakuisisi perusahaan perkebunan di Kalimantan Barat.Acquired Obligasi Konversi yang diterbitkan oleh perusahaan perkapalan, setara dengan 90,9% dari ekuitas.
2006 : Awal pelunasan Eurobonds sebesar US $ 143.700.000. Mengakuisisi 55,0% saham di perusahaan pelayaran Pacsari Pte. Ltd Acquired perusahaan perkebunan tambahan di Kalimantan Barat.
2007 : Tercantum Grup Agribisnis di Bursa Efek Singapura dan penempatan saham baru. Ditempatkan Rp2 triliun Obligasi Seri IV. Mengakuisisi 35% saham tambahan di perusahaan pelayaran Pacsari Pte. Ltd, meningkatkan kepemilikan sampai 90%. Mengakuisisi 60% saham di perusahaan perkebunan Rascal Holding Limited. Berpartisipasi dalam penerbitan baru PT Mitra Inti Sejati Plantation saham, mengendalikan kepemilikan 70%. Mengakuisisi saham ekuitas 64.41% di PT PP London Sumatra Indonesia Tbk.
2008 : Berpartisipasi dalam penerbitan baru PT Lajuperdana saham Indah, mengendalikan kepemilikan 60%. Diterbitkan kembali 251.837.500 lembar treasury stock dan membatalkan sisa saham 663.762.500 saham treasury. Mengakuisisi 100% saham Drayton Pte di. Ltd, yang secara efektif memiliki 68,57% saham di PT Indolakto, perusahaan susu terkemuka. Mengakuisisi 100% saham perusahaan perkebunan dengan fasilitas bulking.
2009 : Mengeluarkan Rp 1,6 triliun Obligasi Seri V.Grup Agribisnis menerbitkan Rp452 miliar Obligasi Seri I dan Rp 278 miliar Islam Obligasi I. Dimulainya restrukturisasi internal CBP kelompok dengan pendirian PT Indofood CBP Sukses Makmur (ICBP) dan spin-off bisnis bahan mie dan makanan diikuti oleh penggabungan dari semua sepenuhnya dimiliki anak perusahaan dalam Produk Konsumen Bermerek (CBP) Group dibawah ICBP.
2010 : Menyelesaikan restrukturisasi internal Grup CBP dengan pengalihan saham anak perusahaan dalam Grup CBP dengan kepemilikan kurang dari 100% ke ICBP, dan kemudian melakukan Penawaran Umum Perdana diikuti dengan pencatatan saham ICBP di Bursa Efek Indonesia pada tanggal 7 Oktober 2010. Meningkatkan kepemilikan di Pacsari Pte. Ltd sebesar 10% menjadi pemilik 100%.
2011 : SIMP, anak perusahaan langsung dan tidak langsung Perseroan, melakukan IPO diikuti dengan pencatatan sahamnya di BEI pada 9 Juni 2011.

3. Visi dan Misi Perusahaan
Visi
·         Menjadikan Perusahaan yang bergerak total di bidang pangan
Misi
·         Untuk memberikan solusi yang berkelanjutan akan kebutuhan pangan
·         Untuk terus meningkatkan taraf gizi hidup masyarakat
·         Untuk berkontribusi dalam kesejahteraan masyarakat dan lingkungan secara berkelanjutan
·         Untuk terus meningkatkan nilai pemangku kepentingan
4. Lambang/Moto Perusahaan
Lambang Perusahaan indofood yang memiliki tujuan memberikan produk yang unggul dan memiliki nilai gizi tinggi
5. Interview Perusahaan
1. Dimana saja perusahaan anda melakukan pemasaran hasil produksi?
·         Kami memasarkan Hasil Produksi ke seluruh indonesia melalui agent-agent lalu disebarluaskan ke supermarket,pasar tradisional,dan warung-warung kecil. Bahkan,kami mengekspor mengekspor  bahan makanan hingga Australia, Asia, dan Eropa.
2. Apa yang menjadi keunggulan produk perusahaan anda?
·         Keunggulan Produk kami terletak di kuantitas dan kualitasnya, kami memiliki 41 produk bahan makanan dan perusahaan kami merupakan perusahaan penghasil mie instan terbesar se-indonesia.
3. Apa strategi pemasaran untuk mempertahankan eksistensi perusahaan anda?
·         Dengan cara mempertahankan kualitas dan cita rasa makanan, menstabilkan harga di pasaran, dan promosi yang berkelanjutan .
4. Bagaimana kegiatan operasional di perusahaan anda?
·         kegiatan operasional mencakup seluruh tahapan proses produksi makanan, mulai dari produksi dan pengolahan bahan baku hingga menjadi produk akhir yang tersedia di rak para pedagang eceran.
5. Apakah kendala yang dihadapi saat ini oleh perusahaan anda?
·         Kendala yang dihadapi saat ini adalah terbatasnya akses transportasi ke daerah timur indonesia, saingan bertambah banyak, bea cukai ekspor ke luar negeri yang mahal.
6. Hasil Produksi Perusahaan
Hasil Produksi meliputi :
·         Mie instan : Indomie, Pop Mie, Sarimi, Supermi, Mie Telur Cap 3 Ayam, Pop Bihun, La Fonte
>   Makanan Ringan : Cheetos, Chiki, Jet-Z, Lays Potato Chips, Chitato Potato Chips, Qtela Cassava  Chips,  Indomilk, Indoeskrim, Nice Yogurt, Trenz, Bim-Bim, Canasta, Maggi, Quaker Oats, Fruitamin, Tekiita
Perlengkapan memasak : Cap Enaak, TigaSapi, KremerCrima, Kecap Indofood, Sambal Indofood, Bumbu Kaldu Indofood, Bumbu Instan Indofood, Bumbu Racik Indofood, Bimoli, Simas Palmia, Happy Salad Oil, Bogasari.

·         Makanan Bayi : Promina SUN


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments