Popular posts

Asep Mukhlis M Abdulmanan On 31 Okt 2012


Penggunaan Rumus dan Fungsi Sederhana Microsoft Excel 2010
Posted by Pustaka Lombok on March 23rd, 2011
Secara umum fitur Microsoft Excel 2007 dengan Microsoft Excel 2010 tidak jauh beda, begutu juga untuk penggunaan rumus yang ada di dalamnya. Ms. Excel 2010 memungkinkan kita untuk memasukkan rumus-rumus perhitungan matematika dan statistik dengan mudah dan cepat.
Tiap penulisan rumus dimulai dengan tanda sama dengan ( = ). Operator yang sering digunakan antara lain :
+
PENJUMLAHAN
^
PEMANGKATAN
-
PENGURANGAN
LEBIH BESAR
*
PERKALIAN
LEBIH KECIL
/
PEMBAGIAN


Derajat operator hitungan matematika sebagai berikut :
Pertama       ^
Kedua          * atau /
Ketiga          + atau –
Catatan : rumus yang diapit dengan tanda kurung “(  )” akan diproses terlebih dahulu, Contoh penulisan rumus
a    =  1.200   +   300  (penulisan rumus dengan angka tetap)
b    =        B4    +    B5    (penjumlahan isi sel B4 dan B5)
Fungsi adalah rumus yang sudah siap pakai yang digunakan sebgai alat perhitungan. Fungsi yang disediakan Excel 2007 dikelompokkan menjadi beberapa kelompok fungsi diantaranya adalah kelompok fungsi keuangan, matematika, statistika, logika, teks, database dan lainnya. Fungsi dapat diketik secara manual atau menggunakan Faste FunctionDescription: http://pustakalombok.web.id/wp-content/uploads/2011/03/Faste-Function.jpg.
Fungsi yang sering digunakandi excel adalah :
RUMUS
KETERANGAN
SUM
Penjumlahan suatu sel atau range tertentu. Bentuk rumus =SUM(range data)
AVERAGE
Mencari nilai rata-rata dari suatu sel atau range tertentu. Bentuk rumus= AVERAGE (range data)
MAX
Mencari nilai tertinggi dari suatu sel atau range tertentu. Bentuk rumus= MAX (range data)
MIN
Mencari nilai terendah dari suatu sel atau range tertentu. Bentuk rumus =MIN(range data)
COUNT
Mencari jumlah data pada range tertentu. Bentuk rumus =COUNT(range data)
VLOOKUP
Pembacaan tabel secara vertikal
HLOOKUP
Pembacaan tabel secara horizontal
IF
Fungsi logika
AND
Logika yang bernilai benar jika semua syarat terpenuhi
OR
Logika yang bernilai benar jika minimal salah satu syarat terpenuhi
LEFT
Mengambil data dari kiri
RIGHT
Mengambil data dari kanan
MID
Mengambil data di tengah
Apabila Anda ingin menggunakan operator logika, biasanya diperlukan ekspresi atau pernyataan logika. Ekspresi logika yang umumnya dipakai adalah :
=       sama dengan                  <=     lebih kecil atau sama dengan
<       lebih kecil dari              >=     lebih besar atau sama dengan
>       lebih besar dari            <>     tidak sama dengan

Cara Menggunakan Rumus IF Pada MS EXCEL

 baiklah disini saya akan menjelas kan cara mengunakan rumus IF
Contohnya seorang dosen di suatu kampus ingin memberikan daftar nilai hasil suatu ujian kepada mahasiswanya, ada nilai A, nilai B, nilai C dan nilai D. Untuk nilai A,B dan C mendapat keterangan "LULUS", sedangkan nilai "D" mendapatkan keterangan "ULANG".

Katagori untuk nilai A adalah nilai rata-rata di atas 7
Katagori untuk nilai B adalah nilai rata-rata antara 6 dan 7
Katagori untuk nilai C adalah nilai rata-rata antara 5.5 dan 6
Katagori untuk nilai D adalah nilai rata-rata di bawah 5.5

Untuk mendapatkan hasil rata-rata menggunakan rumus =(C2+D2)/2 kemudian copykan ke cell-cell yang ada di bawahnya.

Untuk itu anda coba ketikan lembar kerja sederhana seperti pada gambar 1 di bawah ini.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg4hMZ8merVDGW52YgOn1_NJCJVMEx6Uf423-niN58quwkZ6pckEDnHgsa8fHWgMypr3j0uALbZ1IJP3qPUa7wXrrPLaNjE38x_wviAy4FQbAvg-0_8ta0jd3ALoG4q-U8gVWJnHIl14QSy/s400/gb3.jpg

gambar 1. lembar kerja yang akan di olah

Arahkan pointer cell ke F2, kemudian ketik rumus sbb :

=IF(E2>7,"A",IF(E2>6,"B",IF(E2>5.5,"C","D"))) kemudian tekan ENTER nampak sekarang di layar anda adalah nilai C pada mahasiswa Rudi, setelah itu copykan rumus ini ke cell-cell yang ada di bawahnya. Dan hasil tahap pertama akan seperti pada gambar 2 di bawah ini.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhQddVOfIM0fblAPPT8wfZvSiMOLKKn2QDlcVBmz623Zq4T9ulcgQv_6kzPXxDsHDPhOUhGf-agZpRra5QbkrL69ThF5a5j6OVOyfRq2ntP7x5146QCq195LNCAMBusOyrXHRlckWivaGdO/s400/gb4.jpg

gambar 2. Hasil mencari nilai katagori sudah selesai

Nah sekarang anda tinggal mencari nilai untuk keterangannya. Pindahkan cell pointer ke G2 kemudian ketik rumus sbb : =IF(OR(F2="A",F2="B",F2="C"),"LULUS","ULANG") tekan ENTER. Maka terlihat kata "LULUS" pada cell G2. Kemudian copykan rumus tersebut ke cell-cell yang ada di bawahnya. Maka hasilnya sudah dapat dilihat seperti gambar 3 di bawah ini.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiDsMcu4zYrPMdR_RUav11mELV3VFzASnfA9Y-GxAWkfPgwar8TkIX1TXQbq9n5aw5D3RC2rihB7k3BhXghGrMvAW_xGMKTc7D0zIJepxuBwvDgRIP5HhyphenhyphenPt27-oo5qHytl46k3BpToy6Xu/s400/gb5.jpg

gambar 3. Hasil yang di capai

Masih banyak lagi kasus-kasus seperti dosen tadi yang dapat kita kerjakan dengan menggunakan rumus IF pada Excel ini. Semoga hal ini dapat dijadikan contoh yang amat berguna. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments